Senin, 17 Mei 2010

Tugas Kelompok TIK

TUGAS KELOMPOK

MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER


NAMA KELOMPOK : 1. SONI SUMARSONO, S.Pd
2. ALWI, S.Pd
3. SAHBUDIN, S.Pd
4. LILIK MUFAROKAH, S.Pd
5. KAMARUL ISNANIAH, S.Pd
6. RUSDIANA, S.Pd


ANALISIS SWOT SMP MUHAMMADIYAH TANAH GROGOT
KABUPATEN PASER

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Swt., karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kelompok kami dapat menyelesaikan tugas kelompok mata kuliah “ Teknologi Informasi Komputer “ dan tugas ini merupakan salah satu upaya mengimplementasi mata kuliah Teknologi Informasi Komputer di sekolah sebagai gambaran nyata untuk meningkatkan mutu pendidikan di satuan pendidikan
Upaya peningkatan mutu pendidikan ini dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT yang menampilkan kekuatan, kekurangan atau kelemahan, peluang dan ancaman di satuan pendidikan . Keempat faktor tersebut dianalisis untuk mencari solusi sasaran yang ingin di capai berdasarkan kekurangan atau kelemahan yang dimiliki oleh satuan pendidikan tersebut.
Harapan kami, tugas ini dapat bermanfaat bagi pembaca sebagai reverensi atau masukan yang berharga bagi satuan pendidikan .


Tanah Grogot, 2 Mei 2010
Kelompok 2




DAFTAR ISI

COVER JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
PENDAHULUAN

A. RASIONALISASI

B. VISI DAN MISI SEKOLAH

C. TUJUAN SMP MUHAMMADIYAH

D. ANALISIS SWOT


PENUTUP
A. KESIMPULAN

B. SARAN


PENDAHULUAN

A.Rasionalalisasi

SMP Muhammadiyah Tanah Grogot didirikan pada tanggal 2 Juni 1982 berdasarkan rapat Pimpinan cabang Muhammadiyah tanggal 29 maret 1982 dengan Panitia pendiri Ahmad Mene dan Hamidan sebagai sekretaris.Ketua Pimpinan cabang pada saat itu adalah H.Muhammad han.kepala sekolah pertama Rusydiman ,BA.kegiatan belajar mengajar pagi hari di gedung Yayasan Normal Islam, Jalan Bhayangkara Tanah Grogot. Jumlah siswa 20 orang dengan guru 12 orang dan staf tata usaha termasuk Kepala Sekolah.Periode berikutnya kepala Sekolah dijabat oleh Rahman Hamid,selanjutnya Kepala sekolah dijabat oleh H.syukran Amin S.H periode 1993 s.d. 1999.Periode 1999 s.d. 2006 M.Mas’ud leman S.Ag.Dan Lilik Mufarokah,S.Pd 2007-sekarang.SMP Muhammadiyah merupakan sekolah di wilayah Kalimantan Timur yang merupakan sekolah pertama di Paser khususnya Tanah Grogot memiliki kegiatan ekstra Drum band.
SMP Muhammadiyah Tanah Grogot memiliki siswa terdiri dari 5 rombongan belajar dengan rincian kelas VII 1 kelas, VIII 2 kelas, IX 2 kelas. .Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada pagi hari, masuk pukul 07.15 Wita sampai dengan 13.35 Wita . Jumlah tenaga pendidik di SMP Muhammadiyah sebanyak 13 orang, terdiri dari 6 orang berstatus pegawai negeri dari Diknas , 1 orang dari Depag dan 1 orang berstatus Guru Tetap yayasan,5 orang guru tidak tetap. Jumlah tenaga kependidikan sebanyak 3 orang, terdiri dari 1 orang berstatus pegawai tetap yayasan dan 2 orang berstatus pegawai honorer.
SMP Muhammadiyah menempati kompleks perguruan Muhammadiyah di lantai 1 dengan luas tanah 20.000 m2, dengan luas seluruh bangunan 971,50 m2 . SMP Muhammadiyah memiliki 1 laboratorium IPA, 1 Perpustakaan ,Ruang multi media/TIK.Sementara itu untuk ruang lain ada tetapi belum permanen /representatif yaitu ruang BK, ruang UKS , Ruang guru dan kepala sekolah dan ruang alat drum band/Marching band juga masjid. Sekolah ini terletak di Jalan Pangeran Menteri No.96 Kecamatan Tanah Grogot ,telp.0543 – 25392 Provinsi Kalimantan Timur. Lokasi sekolah yang berada di pusat kota . Di usianya yang ke 28 pada tahun 2010. Mayoritas orang tua / wali siswa yakni sekitar 30 % adalah sebagai Pegawai Negeri Sipil , sisanya yakni sekitar 35 % sebagai karyawan swasta, 15 % sebagai Petani dan 12 % sebagai Pedagang swasta, 7 % sebagai TNI/POLRI dan Nelayan 1 %.
SMP Muhammadiyah dengan berbagai programnya selalu berupaya miningkatkan mutu sekolah dengan terus menerus memperbarui sistem kurikulum sekolah, sesuai amanat Undang-undang dan Peraturan Pemerintah. Lahirnya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan adalah amanat penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah, dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) yang ditetapkan dengan Permen Diknas No 22 tahun 2006 dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang ditetapkan dengan Permen Diknas No 23 tahun 2006 serta berpedoman pada panduan penyusunan KTSP yang dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan Kaidah Perguruan Muhammadiyah..
Merespon hal tersebut, SMP Muhammdiyah sebagai lembaga pendidikan tingkat dasar memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yakni Kurikulum SMP Muhammadiyah.Kurikulum ini merupakan kurikulum operasional yang disusun mengacu pada SI, SKL dan berpedoman pada panduan penyusunan KTSP sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah serta pertimbangan komite sekolah, dengan tetap memperhatikan karakteristik peserta didik, potensi dan kondisi sekolah dan daerah, yang mampu mewadai kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
B. Visi dan Misi Sekolah
1. Visi SMP Muhammadiyah
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, globalisasi yang sangat cepat, era informasi dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memacu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMP Muhammadiyah memiliki ciri khusus yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa kini maupun di masa datang yang diwujudkan dalam Visi Sekolah sebagai berikut:
” Sekolah Unggul Berbasis Seni dan Bahasa , Lingkungan dan Tekhnologi Informatika, Berprestasi, Berdaya Saing, Berlandaskan Iman dan Taqwa ”.
2. Indikator Visi
Unggul dalam baca tulis Al-Quran,beribadah,beramal dan berakhlak mulia.
Unggul dalam prestasi di bidang akademik maupun non-akademik
Memiliki kecakapan dan keterampilan berkomunikasi dengan bahasa asing.
Berkembangnya pembelajaran dan layanan informasi pendidikan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mampu bersaing dalam melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
Mampu berprestasi di bidang seni Drum Band/Marching Band.
Mampu menciptakan Lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
3. Misi SMP Muhammadiyah
Menyelenggarakan pembelajaran Al Islam sesuai Kaidah perguruan Muhammadiyah ,disiplin ibadah dan berakhlak mulia.
Menyelenggarakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dengan berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi untuk mengoptimalkan potensi dan prestasi akademik siswa.
Meningkatkan dan mengoptimalkan pengembangan diri siswa untuk membentuk peserta didik menjadi insan berakhlak mulia dan berprestasi di bidang non akademik.
Meningkatkan kecakapan dan keterampilan berkomunikasi dengan bahasa asing.
Meningkatkan mutu lulusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Menyelenggarakan sistem administrasi sekolah melalui sistem komputerisasi serta memperluas akses informasi terhadap sekolah melalui internet/website
Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan.
Meningkatkan pola kerja sama dengan orang tua, alumni, masyarakat dan instansi di lingkungan sekolah
Meningkatkan prestasi di bidang seni drum band/marching band.
Menciptakan lingkungan sekolah yang asri menuju sekolah sehat.

C. Tujuan SMP Muhammadiyah
1. Tujuan Jangka Panjang
Memenuhi Standar Nasional Pendidikan.
Memiliki perangkat pembelajaran dan pedoman penilaian yang disusun mandiri oleh tim MGMP sekolah melalui identifikasi SI dan SKL.
Memiliki sarana dan preasarana lengkap,bahan ajar berbasis TIK yang dikembangkan secara mandiri oleh tim MGMP sekolah.
Seluruh tenaga pendidik menerapkan pembelajaran berbasis TIK dengan menggunakan perangkat laptop dan LCD.
Memiliki sarana dan prasarana pembelajaran dan pengembangan diri yang standar dan memadai dalam rangka mendukung dan mengoptimalkan program kerja sekolah secera efektif dan efisien.
Memiliki laboratorium Bahasa,Ruang Keterampilan dan Gedung Serba Guna.
Menghasilkan lulusan yang beraklak mulia dan mampu berdakwah di masyarakat sebagai partisipasi dengan lingkungan sekitar.
Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan tenaga pendidik dan peserta didik dalam berkomunikasi bahasa asing.
Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
2. Tujuan Jangka Pendek
Menyelenggarakan pembelajaran yang aktif , inovatif, kreatif, ekfektif dan menyenangkan melalui penerapan berbagai model dan metode pembelajaran serta penggunaan media dan bahan ajar yang tepat.
Memiliki alamat website sekolah yang mampu memberikan layanan informasi berkaitan dengan pembelajaran, penilaian, administrasi dan akses informasi lainnya berkaitan perkembangan ilmu pengetahuan.
Meningkatkan pembinaan pengembangan diri bidang akademik dan non akademik sehingga mampu menjuarai setiap perlombaan baik skala regional maupun nasional.
Menggali potensi kepemimpinan siswa melalui Latihan dasr Kepemimpinan(LDKS)
Mengaktifkan MGMP sekolah sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan pelaksanaan KTSP di sekolah.
Memiliki ruang multi media, Laboratorium IPA,Laboratorium Bahasa.
Meningkatkan Gain Score Achievment (GSA) rata-rata nilai Ujian Nasional dari 6,49 menjadi 7,00
Mengaktifkan IKA ALUMNI SMP MUHAMMADIYAH dalam rangka silaturahmi dan partisipasi terhadap almamaternya.


D ANALISIS SWOT
SASARAN
Meningkatkan jumlah siswa
Fungsi - fungsi Fungsi Internal Fungsi Eksternal
1. P B M -Motivasi belajar siswa
-Motiasi guru
-Keragaman metode mengajar
-Keragaman media pembelajaran -Dukungan orangtua
-Lingkungan sosial sekolah
-Lingkungan fisik sekolah
-Kesiapan siswa menerima pel
2. Sumber daya manusia -Jumlah guru memadai
-Kualifikasi guru
-Kesesuaian / Kompetensi
-Beban mengajar -Pengalaman mengajar
-Persiapan guru mengajar
-Fasilitas en pengembangan
guru
3. Sarana dan prasarana -Tersedia alat
-Laboratorium komputer
-Ruang TIK
-Ruang Perpustakaan
-Ruang kelas -Dukungan orang tua
-Kerja sama dengan
perpustakan daerah (
instansi terkait )
-Kesesuaian buku penunjang
dengan potensi daerah dan
pada lab sekolah
4. Ekstrakurikuler -Memiliki alat marcing band
-PMR
-Tapak Suci
-Sepak bola -Dukungan orang tua
-Dukungan pemerintah
-Dukungan dunia usaha
5. Kompetensi lulusan -Kelulusan siswa
-Nilai siswa -Alumni rasio di terima SLTA
favorit





TABEL HASIL ANALISIS SWOT
Fungsi/Faktor kreteri kesiapan Kondisi nyata Tingkat Kesiapan
Siap Tidak

1. P B M
Faktor Internal
a. Motivasi belajar siswa 100 % datang tepat 95 % v
b. Motivasi guru 100 % datang tepat 90 % v
c. Keragaman metode mengajar bervariasi bervariasi v
d. Keragaman media pembelajaran bervariasi
Faktor Eksternal
a. Dukungan orang tua siswa siap 100% 69% v
b. Lingkungan sosial sekolah kondusif kondusif v
c. Lingkungan fisik sekolah nyaman, tenang nyaman,tenag v
d. Kesiapan siswa menerima pelajaran siap 100% 80% v

2. Sumber Daya Manusia
Faktor Internal
a. Jumlah guru yg memadai Rasio 1:25 (memadai) memadai 1:5 V
b. Kualifikasi guru pend min S1 + IV 100% V
c. Kesesuaian seuai 100% 70% V
d. Beban mengajar Rat 24 jam/minggu rat 20jam/minggu V

Faktor Eksternal
a. Pengalaman mengajar minimal 5 thn > 5 thn 99% V
b. Persiapan guru mengajar siap 100% 80% V
c. Fasilitas dan pengembangan guru lengkap lengkap v


3. Sarana dan Prasarana
Faktor Internal
a. Ruang belajar lengkap/ada lengkap/ada v
b. Ruang perpustakaan lengkap/ada lengkap/ada v
c. Ruang Laboratorium lengkap/ada lengkap/ada v
d. Ruang Kantin ada ada v
e. Ruang Pelajaran lengkap lengkap v
f. Ruang TU ada ada v
g. Ruang Guru ada ada v
h. Alat Marcing Band lengkap/ada lengkap/ada v
Faktor Eksternal
a. Dukungan orang tua siap 100% 50% v
b. Dukungan pemerintah siap 100% 65% v
c. Dukungan dunia ussaha siap 100% 30% v

4. Ekstra kurikuler
Faktor Internal
a. Marching Band ada ada v
b. PMR ada ada v
c. Tapak Suci ada ada v
d. Sepak Bola ada ada v

Faktor Eksternal
a. Dukungan orang tua siap 100% 60% V
b. Dukungan pemerintah siap 100% 50% v
c. Dukungan dunia usaha siap 100% 30% v

5. Kompetensi lulusan
Faktor Internal
a. Kelulusan siswa lulus 100% 92% v
b. Nilai UN / UAS Rasio ≥ 7,00 rasio 5,00 v

Faktor Eksternal
a. Alumni rasio diterima di sekolah favorit 100% 85% v
b. Alumni rasoi melanjutkan ke jenjang SLTA 100% 90% v

LANGKAH – LANGKAH YANG DITEMPUH SMP MUHAMMADIYAH

SMP Muhammadiyah menjadi contoh analisis bukan karena hendak “ Mati “ tetapi dapat dijadikan referensi hasil analisisnya oleh sekolah lain dengan kondisi yang sama.
SMP Muhammadiyah sejak berdirinya tahun 1982 mengalami pasang surut dalam perolehan jumlah siswa. Karena secara kualitas walaupun jumlah siswa menurun tetapi masih dapat berprestasi dibidang akademik maupun non akademik ( data prestasi terlampir ) secara manajemen juga mangalami peningkatan hal ini dibuktikan dengan hasil akreditasi sekolah yang pada tahun 2004 – 2008 terakreditasi B, terakhir tahun 2008 terakreditasi A.
Secara interen dan eksteren berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan jumlah siswa yaitu :
1. Himbauan kepada warga Muhmammadiyah untuk menyekolahkan putra putrinya untuk sekolah di Muhammadiyah berhasil hanya 10 %.
2 Yayasan menyiapkan asrama / panti bagi siswa siswi dari luar kecamatan Tanah Grogot menurun 20 %
3 Promosi sekolah melalui kegiatan kompetisi sain tingkat SD se Kabupaten Paser dalam rangka milat SMP Muhammadiyah sudah berjalan 6 kali
4 Promosi melalui kegiatan ekstrakurikuler marsing band ( dramband sekolah yang pertama di Kabupaten Paser )
5 Promosi melalui pemberdayaan ikatan alumni SMP Muhammadiyah
6 Promosi ke sekolah-sekolah dasar yang terdapat di kecamatan Tanah Grogot
7 Memberikan surat diterima di SMP Muhammadiyah Tanah Grogot kepada orang tua SD yang berdomisili di kecamatan Tanah Grogot
8 Promosi melalui media radio yang ada di Kabupaten Paser
9 Membuat liflet sebagai media informasi kepada orang tua murid SD
10 Memasang spanduk – spanduk di tempat yang strategis.


PRESTASI YANG DIPEROLEH SMP MUHAMMADIYAH
DARI TAHUN 2004 - 2009

NO JUARA LOMBA / PIAGAM PENGHARGAAN TAHUN
1 II Lomba Lukis Lingkungan Hidup 2004
2 II Piagam penghargaan lomba lukis hari lingkungan hidup 2004
3 III Lomba Lukis Lingkungan Hidup 2005
4 II Tartirt Al-Qur'an Putri 2005
5 II Piagam penghargaan pidato tahun baru islam 1426 H 2005
6 III Piagam penghargaan lomba lukis hari lingkungan hidup 2005
7 Piagam penghargaan lomba lari putra 150 m tingkat smp 2005
8 III Piagam penghargaan olah raga lompat jauh putri 2005
9 III Lomba Pidato 2006
10 III Nasyid Festival Muharam 2007
11 II Lomba Kaligrafi Putra 2007
12 III Lomba Dai Remaja 2007
13 IV Lomba Mengarang Putra 2007
14 I Piagam penghargaan hari besar nasional gerak jalan 2007
III Piagam penghargaan Nasyid Festival Muharam 1428 H 2007
15 V Piagam penghargaan Nasyid Festival Muharam 1428 H 2007
Piagam penghargaan partisipasi kepemimpinan pengurus 2007
16 Piagam penghargaan partisipasi kepemimpinan pengurus 2007
17 III Lomba Nasyid katagori tingkat SLTP 2008
I Lomba Sains Matematika 2008
18 Favorit Juara Favorit Drum Band 2008
19 III Panitia Hari Besar Islam ( PHB ) 2008
20 II Piagam penghargaaan tata cara pemakaian busana 2008
III Piagam penghargaan lomba baca puitisi kandungan 2008
21 III Piagam penghargaan Nasyid Festival Muharam 1429 H 2008
22 II Lomba puitisasi kandungan Al-Qur'an 2009
23 I Lomba gerak jalan putri 2009


PENUTUP

A. KESIMPULAN.
1. Dari interprestasi hasil analisi swot dan posisi kekuatan organisasi ( sekolah ) maka sekolah harus mengoptimalkan usaha dalam meningkatkan jumlah siswa yang ingin masuk di SMP Muhmammadiyah
2. Usaha –usaha yang telah dilakukan dapat diterus secara optimal / maksimal
3. Memaksimalkan potensi yang ada dan peran serta masyarakat dalam memberikan informasi yang baik pada SMP Muhmammadiyah
4. Memaksimalkan peran majelis dikdasmen Muhammadiyah dalam upaya mendukung program kerja sekolah


B. SARAN

1. Pemerintah ( Dinas Pendidikan ) meninjau kembali pembangunan sekolah baru sesuai dengan kebutuhan agar sekolah swasta mempunyai kesempatan untuk dapat berperan serta dalam dunia pendidikan
2. Pemerintah ( Dinas Pendidikan ) membuat kebijakan agar sekolah negeri membatasi rombongan belajar pada satuan pendidikan agar sekolah swasta juga bisa mendapatkan siswa
3. Dinas Pendidikan agar menegaskan kembali pelaksanakan KTSP di seluruh satuan pendidikan dalam hal jumlah siswa dalam satu rombongan belajar yaitu 32 siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar