Selasa, 01 Juni 2010

Negara Uni Emirat Arab

1. NEGARA UEA ( UNI EMIRAT ARAB )
Sejarah
Uni Emirat Arab (disingkat UEA) adalah sebuah negara persatuan dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi. Antara lain adalah: Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Umm al-Qaiwain, Sharjah dan Ras al-Khaimah. Negara-negara bagian (lebih dikenal sebagai emirat) di sepanjang pesisir pantai Teluk Persia memberikan hak pertahanan dan urusan luar kepada Kerajaan Britania Raya pada abad kesembilan belas. Pada tahun 1971, enam dari negara-negara bagian ini - Abu Dhabi, Ajman, Fujairah, Sharjah, Dubai, dan Umm al-Qaiwain - bergabung untuk mendirikan Uni Emirat Arab. Pada tahun 1972, Ras al-Khaimah menyertai mereka.
Pemimpin
Uni Emirat Arab

Sheikh Zayed, the Father, the Leader and the Founding
Sheikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan (1918-2004), merupakan tokoh pembangun negara Uni Emirat Arab modern. Dari sebuah imarat kecil yang berkelompok dari berbagai wilayah keamiran disatukan dalam sebuah uni yang kemudian muncul menjadi sebuah negara kuat dan disegani di kalangan negara kelompok GCC (negara-negara Teluk). UAE menjadi simbol kemajuan negara gurun pasir di Teluk dengan kemajuan dan kemodernan Abu Dhabi, ibukota (dulu) dan sekarang dengan Dubai
Sheikh Khalifa menggantikan ayahnya pada tahun 2004 Sheikh Zayed
Sheikh Khalifa diangkat sebagai presiden oleh Dewan Federal UAE lama setelah kematian ayahnya, Sheikh Zayed Bin Sultan Al-Nahyan, pada bulan November 2004.
Sheikh Mohammed berusaha menampilkannya kembali Dubai sebagai kota global
Wakil presiden dan PM, penguasa Dubai: Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum



Sheikh Mohammed berhasil kakak nya Sheikh Maktoum sebagai Pemimpin Dubai pada bulan Januari 2006, dan terpilih untuk menggantikannya sebagai perdana menteri federal UEA.
• Penguasa Ajman : Humaid bin Sheikh Rashid al-Nuaimi
• Penguasa Fujairah : Sheikh Hamad bin Hamad bin Muhammad al-Sharqi
• Penguasa Ras Al Khaimah : Syekh Muhammad bin Saqr al-Qasimi
• Penguasa Sharjah : Syekh Muhammad bin Sultan al-Qasimi
Penguasa Umm al Qaiwain : Rashid bin Syekh Ahmad al-Mualla
o Seni Budaya Menafasi UEA
Budaya dan tradisi merupakan aspek yang sangat penting dari prioritas pembangunan pemerintah Uni Emirat Arab (UEA). Beberapa jenis budaya etnik masih tetap hidup dan berkembang baik, seperti musik emirati, tarian, puisi, dan dongeng
Pelestarian beribu peninggalan arkeologi yang unik dan situs arsitektural, serta naskah-naskah kuna, menjadi sasaran utama konservasi. Berbagai naskah sastra dan budaya dipelajari di sekolah-sekolah
Kebudayaan
Uni Emirat Arab mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan masyarakat Arab lain di seluruh dunia. Pemerintah berdedikasi untuk mempertahankan unsur-unsur tradisional dalam kesenian dan kebudayaan termasuk melalui Yayasan Kebudayaan Abu Dhabi. Perubahan dalam kehidupan sosial juga berubah - perasaan terhadap kaum wanita sedang berubah, dan olahraga-olahraga baru sedang terkenal di samping balap unta.
Geografis

Uni Emirat Arab terletak di barat daya Asia dan dikelilingi Teluk Oman dan Teluk Persia di antara Oman dan Arab Saudi. Ia adalah sebuah negara yang mempunyai dataran yang kering kerontang dan mempunyai padang pasir yang luas dengan gunung-gunung disebelah timur. Kedudukan strategisnya menjadikannya tempat persinggahan ekspor dan impor minyak dunia.
Perjanjian perbatasan di antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi pada tahun 1974 dan 1977 tidak pernah disebarkan kepada umum. Oleh itu perbatasan yang tepat untuk kedua negara hanya diketahui oleh pemerintahan masing-masing.
Demografi
Emirat Arab berpenduduk sebanyak 4 juta jiwa dan 1,6 juta jiwa yang bukan warganegara - dengan 50% darinya datang dari Asia Selatan. Kebanyakan masyarakat pribumi datang dari keturunan Persia. Tingkat pertumbuhan penduduknya rendah dibandingkan negara-negara tetangganya. Hampir semua rakyat di Uni Emirat Arab Muslim. Sekitar 80% penduduknya bisa membaca dan menulis.
Politik
Majelis Tertinggi memuat pemerintah-pemerintah dari tujuh negara bagian. Jabatan Presiden dan Wakil Presiden dilantik oleh Majelis Tertinggi setiap lima tahun. Majelis Tertinggi juga melantik barisan kabinet sementara Majelis Federasi Kebangsaan yang mempunyai anggota sebanyak 40 orang dari ketujuh negara bagian meneliti dan membincangkan undang-undang yang dicadangkan. Terdapat satu sistem mahkamah persekutuan; semua negara bagian kecuali Dubai dan Ras al-Khaimah telah menyertai sistem persekutuan ini; semua negeri mempunyai undang-undang sekular dan Islam untuk kasus-kasus sipil, kejahatan, dan mahkamah tinggi.
Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan merupakan Presiden kesatuan ini sejak pendirian negara ini sampai hari kematiannya pada 2 November 2004. Anak lelakinya, Khalifa bin Zayed Al Nahayan dilantik menjadi presiden keesokkan harinya.
Ekonomi
Kekayaan Uni Emirat Arab berdasarkan pengeluaran minyak dan gas yaitu 33% dari GDP negara itu. Emirat Arab adalah negara penghasil minyak ketiga terbesar di kawasan teluk setelah Arab Saudi dan Iran. Sejak 1973, Uni Emirat Arab telah mengalami perubahan dari negara kecil yang terletak di gurun menjadi negara modern dengan taraf kehidupan yang tinggi.
Wilayah
Emirat Arab memiliki 7 negara bagian:
Abu Dhabi , Ajman , Dubai , Fujairah , Ras al-Khaimah , Sharjah , Umm al-Qaiwain
2. Pemanfaatan tehnologi internet di sekolah dan tempat kerja merupakan perkembangan tehnologi yang telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.
Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi. Melalui internet setiap orang dapat mengakses ke dunia global untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang dan pada glirannya akan memberikan pengaruh dalam keseluruhan perilakunya. Kondisi ini sudah tentu akan memberikan dampak terhadap corak dan pola-pola kehidupan umat manusia secara keseluruhan. Teknologi internet telah mengubah wajah pembelajaran yang berbeda dengan proses pembelajaran tradisional yang ditandai dengan interaksi tatap muka antara guru dengan siswa baik di kelas maupun di luar kelas. Di masa-masa mendatang, arus informasi akan makin meningkat melalui jaringan internet yang bersifat global di seluruh dunia dan menuntut siapapun untuk beradaptasi dengan kecenderungan itu kalau tidak mau ketinggalan jaman. Dengan kondisi demikian maka pendidikan khususnya proses pembelajaran cepat atau lambat tidak dapat terlepas dari keberadaan komputer dan internet sebagai alat bantu utama. Anak-anak berhadapan dengan komputer dan melakukan aktivitas pembelajaran secara interaktif melalui jaringan internet untuk memperoleh materi belajar dari berbagai sumber belajar. Dalam situasi seperti ini, guru bertindak sebagai fasilitator pembelajaran.
Di masa-masa mendatang isi tas anak sekolah bukan lagi buku-buku dan alat tulis seperti sekarang ini, akan tetapi berupa : komputer notebook dengan akses internet tanpa kabel, yang bermuatan materi-materi belajar yang berupa bahan bacaan, materi untuk dilihat atau didengar, dan dilengkapi dengan kamera digital serta perekam suara. Komputer dan internet telah terbukti banyak menunjang proses pembelajaran anak secara lebih efektif dan produktif, namun di sisi lain masih banyak kelemahan dan kekurangan. Dari sisi kegairahan kadang-kadang anak-anak lebih bergairah dengan internetnya itu sendiri dibandingkan dengan materi yang dipelajari. Dapat juga terjadi proses pembelajaran yang terlalu bersifat individual sehingga mengurangi pembelajaran yang bersifat sosial. Dari aspek informasi yang diperoleh, tidak terjamin adanya ketepatan informasi dari internet sehingga sangat berbahaya kalau anak kurang memiliki sikap kritis terhadap informasi yang diperoleh. Dalam hubungan ini guru perlu memiliki kemampuan dalam mengelola kegiatan pembelajaran secara proporsional dan demikian pula perlunya kerjasama yang baik dengan orang tua untuk membimbing anak-anak belajar di rumah masing-masing.
3. Saya berkeyakinan bahwa peserta S2 dalam penggunaan TIK masing-masing masih sangat kekurangan untuk itu jangan hanya berteori saja akan tetapi juga harus dengan aplikasi langsung ( praktek ) agar peserta dalam pemebelajaran tidak meraba-rapa. Dengan praktek langsung akan membuat mahasiswa lebih tertarik untuk lebih mendalami. Suatu contoh saya sendiri kalau tidak bapak paksa membuat blok selamanya juga belum tahu dan saya menyadari belum tahu bagaimana membuat yang baik, trima kasih

Daftar pustaka
http ://www.arsip.net/id/link.php?lh=DAEAVFRTBglV
http://www.indogamers.com/f261/dubai_project_uni_emirat_arab-45316/index2.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Uni_Emirat_Arab
http://sosbud.kompasiana.com/2010/03/13/sheikh-zayed-duta-dialog-antar-peradaban.http://www.uaeinteract.com/govemment/zayed.asp
http://news.bbc.co.uk/2/hi/middle_east/country_profiles/737620.stm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar